Senin, 02 November 2009

FAQ SUPREME Laminated flooring


seputar tanya jawab tentang "Supreme Floors"

Pada masa kini hampir diseluruh dunia, terutama di negara-negara maju, penggunaan kayu solid sebagai Lantai Rumah makin bertambah. Tetapi dikarenakan adanya kesadaran tentang pentingnya hutan sebagai paru paru dunia dan juga berfungsi sebagai peredam panas bumi. Serta faktor harga bahan baku kayu yang makin meningkat membuat mereka berinovasi / menciptakan produk-produk pengganti yang selain bersifat hampir sama, ramah lingkungan (Environmental Friendly ), mudah pemeliharaannya dan harga lebih ekonomis.
Kelebihan kelebihannya terhadap lantai kayu solid sbb:
1. Permukaan Lantai HDF yang dilapisi berjuta-juta partikel Alumunium Oxide sehingga permukaannya lebih kuat dan lebih tahan gores dibanding solid kayu.
2. Harga yang lebih terjangkau, pilihan warna yang sangat menarik dibanding solid kayu.
3. Pemasangan tanpa menggunakan lem ( bahan kimia dari Lem yang tidak baik untuk kesehatan ) dan lebih cepat 20 kali dibanding solid kayu.
4. Hasil akhir permukaan yang nyaris sempurna dibanding solid kayu.
5. Bebas perawatan selamanya dibanding solid kayu ( polishing / waxing / treatment dsbnya )
Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sbb:
1. Lantai kayu HDF tidak dapat bertahan terlalu lama dari genangan air dikarenakan system sambung yang tanpa menggunakan lem ( 2 jam s/d 3 jam). Untuk perawatan hanya sebatas di lap dengan kain pel setengah basah atau jika ada kebocoran baik pada AC atau atap serta apabila lupa menutup jendela, harus sesegera mungkin air dikeringkan.

2. Jadi sekali lagi untuk semua product Lantai kayu HDF dan MDF pasti tidak anti terhadap air. Adalah kebohongan jikalau seseorang berpromosi bahwa Lantai HDF anti terhadap air.
Mengapa sekarang orang cenderung memilih Lantai HDF dibanding Granit / Marmer ?
1. Lantai HDF lebih lunak sehingga aman untuk balita maupun anak-anak bermain tanpa takut cedera, terutama di bagian kepala.
2. Lebih bersih, kotoran tidak dapat melekat , sangat baik untuk penderita alergi debu.
3. Tidak menyerap dingin seperti Granit ./ Marmer / keramik sehingga sangat baik untuk penderita reumatik atau orang tua. Tidak perlu pakai sandal di dalam ruangan.
4. Tidak dapat pecah / retak seperti Granit / Marmer / keramik.
5. Tidak dapat bernoda seperti Marmer / keramik.
6. Kedap suara sehingga dipergunakan juga untuk ruang karaoke / entertainment keluarga.
Ada beberapa jenis Lantai Kayu HDF / Laminate Flooring sbb:
Jenis bahan dasar papannya (board) ada 2 jenis:
1. Medium Density Fiberboards atau disingkat MDF.
2. High Density Fiber Boards atau disingkat HDF berwarna hijau (agak kurang bagus) Lebih bersifat menyerap uap air diudara ( cenderung lebih mengembang setelah pemasangan).
3. High Density Fiberboards HDF berwarna coklat muda atau coklat tua (cukup bagus). Lebih stabil dan tidak mengembang lagi setelah pemasangan.
Abrasion Class atau kelas kekerasan dari permukaan Lantai sbb:
1. AC1, standard, cepat aus sehingga hanya 1-2 tahun warna sudah pudar. Jenis ini sudah tidak diproduksi lagi, tetapi beberapa store masih menjual sisa stok dari pabrik dengan harga sangat murah. Harga berkisar Rp 60rb – Rp 80rb/M2 (8mm)
2. AC2, cukup baik, bisa tahan beberapa tahun, dijual dengan harga cukup murah juga. Pabrik besar sudah tidak memproduksinya, hanya menjual sisa dan memproduksi berdasarkan pesanan saja ( tidak up to date / kuno). Harga berkisar Rp 80rb – Rp 120rb/M2.(8mm)
3. AC3, terbaik saat ini, bisa bertahan s/d 20 tahun dengan kondisi normal ( jauh dari air dan benda tajam / berat ). Harga berkisar Rp 120rb – Rp 180rb/M2.(8mm).
Jenis sambungan / jointnya sbb :
1. Tongue and Groove, system sambung dengan 100% harus dilem. Sangat mudah renggang setelah beberapa bulan terhitung dari pemasangan. Harga sangat murah, pabrik sudah tidak memproduksi lagi. Untuk class AC3 dijual Rp 70rb – Rp 90rb/M2 (8mm).
2. Snap looking , sytem sambung dengan 100% harus dilem juga. Lebih tahan renggang tapi rawan dari kenaikan permukaan lantai kalau terjadi pemuaian pada Lantai HDF. Harga cukup murah (AC3) dijual Rp 90rb – Rp 130rb/M2 (8mm). Pabrik memproduksi berdasarkan pesanan.karena systemnya sudah lama.
3. Single Lock / Single Click, system sambung dengan sedikit lem ( pada sambungan pendeknya) karena masih rentan terhadap renggang pada sambungan pendek. Untuk AC3 harga Rp 100rb – Rp 130rb/M2 (8mm). Pabrik sudah mengurangi produksi dan hanya di export ke negara –negara kecil karena system cukup lama
4. Double LocK / Double Click, system sambung dengan tanpa lem. Produk sempurna tanpa renggang pada sambungan karena sambungan panjang dan sambungan pendek saling mengunci. Untuk AC3 harga Rp 130rb – Rp 180rb/M2.(8mm)
5. Double Lock V-Groove / V-Joint , sambungan seperti huruf V. System terbaru menghasilkan sambungan yang lebih terlihat seperti Solid Flooring.

Jenis Laminate Embossed pada permukaan Lantai Kayu HDF sbb :
1.Permukaan Natural ( Tanpa serat Kayu ).
2.Permukaan Timberland Embossed ( Serat Kayu )
3.Permukaan Natural ( Serat kayu ).
4.Permukaan Glossy / Mengkilap ( Tanpa Serat Kayu ).
Ketebalan Lantai Kayu HDF sbb :
1. Tebal 7mm - 8mm. Paling banyak dipasaran. Kekurangan pada permukaan kalau dipasang langsung diatas lantai plester / keramik terasa agak goyang.
2. Tebal 11mm-12mm. Produk terbaru dengan permukaan lebih stabil dan terasa seperti solid kayu waktu diinjak.
Bagaimana Supreme Laminate Flooring jika dibandingkan dengan produk laminate flooring lainnya?
Penggunaan Self-locking tongue dan groove system diperbolehkan dengan pengecualian joint integrity. Supreme laminate flooring bersifat tahan terhadap kelembaban, kehilangan warna (memudar), keausan dan kotoran. Semua sisi terlindungi dari kelembaban yang disebabkan oleh adanya hydrophobic agent (zat yang tidak suka/tahan air). Produk kami mudah dan cepat dalam pemasangan. Dan Anda dapat langsung berjalan di atasnya sesaat setelah produk selesai dipasang.
Dapatkah laminate flooring dipasang pada tangga?
Ya, Supreme Laminate Floor dapat dipasang pada tangga tetapi lembaran kayu harus di lem secara normal dengan lem kayu. Step nosing dan transisinya harus dipaku.
Dapatkah laminate flooring dipasang di kamar mandi?
Ya, Supreme Laminate Flooring dapat dipasang di kamar mandi yang bersifat kering. Ini direkomendasikan untuk dipasang dengan dilem pada setiap sambungannya.
Dapatkah laminate flooring dipasang di dalam basement?
Ya, Supreme Laminate Flooring dapat dipasang di dalam basement. Ikuti prosedur yang sasuai untuk jenis subfloor pada area ini.
Dapatkah kita memasang laminat di atas karpet?
Tidak, semua karpet dan pelindung harus dihilangkan dahulu untuk pemasangan parket lebih lanjut
Bagaimana saya dapat membersihkan Supreme Laminate Flooring?
Supreme laminate flooring dapat dibersihkan dengan vacuum, sapu, atau kanebo atau pembersih lainnya. Tanah dapat dibersihkan dengan agent pembersih biasa atau pembersih laminate atau acetone. Jangan gunakan pemoles lilin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar